Sejarah

Informasi Umum

Berdiri Sejak 1961

Jurusan Ilmu Administrasi merupakan jurusan tertua dalam lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.. Awalnya berasal dari Fakultas Tata Praja Universitas 17 Agustus 1945 yang didirikan oleh Mr. Tjia Kok Tjiang. Berdasarkan PP. No. 5/1980 dan Keppres No. 68/1982, Jurusan Administrasi Negara berubah menjadi Jurusan Administrasi dengan Program Studi Administrasi Negara.
Latar belakang berdirinya Program Studi Administrasi Negara di antaranya adalah melihat dan memperhatikan perkembangan kehidupan masyarakat, di mana aspek penataan administrasi menjadi sesuatu yang sangat penting artinya. Sejak awal tahun 1975 ketika di Universitas Hasanuddin diberlakukan sistem organisasi matrix yang membawa dampak reorganisasi/penggabungan Fakultas-Fakultas Sospol, Ekonomi dan Sastra menjadi Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Budaya (FISBUD). Ketika itu, Program Studi Adminitrasi Negara berdiri sendiri sementara Program Studi Ilmu Administrasi Negara , Ilmu Hubungan Internasional, dan Ilmu Administrasi digabungkan menjadi Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Administrasi dibawa binaan Fakultas Sospol. Setelah FISBUD dimekarkan kembali berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 68/83, maka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin kembali menjadi fakultas yang berdiri sendiri.

Perkembangan Program Studi Administrasi Negara yang kemudian disingkat dengan singkatan PSAN dewasa ini berada pada tingkat kelayakan yang relatif cukup memadai. Hal ini disebabkan di samping melakukan pengelolaan dirinya melalui Program Studi Administrasi Negara, program ini pun telah membuka beberapa program sesuai dengan kompetensinya, yaitu: Program Kerjasama Badan Kearsipan Nasional dengan Fisip Unhas dalam hal penyelesaian studi Strata Satu (S1). Program S2 Administrasi Pembangunan (APB) dan S3. Administrasi Publik. Sebagai respons terhadap tuntutan kebutuhan dalam hal pengembangan sumber daya manusia khususnya dan penyelenggaraan otonomi daerah pada umumnya.

Pada sisi upaya peningkatan kualitas pembelajaran juga terus dilakukan sehubungan dengan tuntutan persaingan global. Hal ini dapat tercermin pada intensitas proses perkuliahan yang rata-rata setiap semesternya terealisasi di atas 90%, sehingga kualitas luaran dapat terus dipertahankan, yang pada akhirnya sustainabilitas program studi dapat terus terjaga. Dengan demikian, PSAN patut untuk diperbaharui akreditasinya, oleh karena telah banyak mengalami perkembangan dari berbagai komponen masukan, proses dan keluaran dari program studi tersebut.
Pada Saat ini Jurusan Ilmu Administrasi memperoleh penilaian akreditasi program studi dengan predikat A. Nilai tersebut pada dasarnya dapat lebih memacu perkembangan proses pembelajaran di lingkungan jurusan Ilmu Administrasi Publik.
.

X
All for Joomla All for Webmasters