Program Magister Double Degree

Program Pendidikan

Program Magister Double Degree

Program gelar ganda (double degree) magister memungkinkan mahasiswa mendapat dua gelar akademik yang diberikan oleh dua universitas dalam periode akademik dua tahun. Semester pertama dilakukan di Universitas Hasanuddin dan selanjutnya semester dua dan tiga diselenggarakan di perguruan tinggi mitra. Semester keempat yang terdiri atas penelitian dan penulisan tesis dilaksanakan di Universitas Hasanuddin dengan joint supervisor antara dosen Universitas Hasanuddin dan perguruan tinggi mitra.

Saat ini program gelar ganda (double degree) magister yang ditawarkan oleh Program Pasca Sarjana FISIP UNHAS bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia dengan the University of Melbourne, Australia dan Victoria University at Wellington, Selandia Baru. 

PROGRAM DOUBLE DEGREE DI PUBLIC POLICY AND MANAGEMENT

Program Double Degree di bidang Public Administration merupakan program pendidikan tingkat magister yang dikelola oleh Program Magister Administrasi Publik FISIP UNHAS bekerjasama dengan Graduate School of Humanities and Social Sciences, the University of Melbourne, Australia.
Program berdurasi dua tahun ini memungkinkan peserta didik memperoleh dua gelar Master sekaligus, yaitu:
– Universitas Hasanuddin (MAP atau Magister Administrasi Publik)
– University of Melbourne (MPPM atau Master of Policy and Public Management)


PROGRAM DOUBLE DEGREE DI ELECTRONIC GOVERNMENT (E-GOVERNMENT)

Program Double Degree di E-Government adalah program gelar master (dengan skema gelar ganda) yang dikelola oleh Program Magister Administrasi Publik FISIP UNHAS bekerja sama dengan School of Government, Victoria University of Wellington, Selandia Baru. Peserta didik dapat memperoleh gelar magister dari dua universitas, yaitu:
– Universitas Hasanuddin (MAP atau Magister Administrasi Publik)
– Victoria University of Wellington (MEGov atau Master of e-Government)

Persyaratan Program Gelar Ganda
a. Kriteria tahun pertama (semester pertama) ditentukan oleh Universitas Hasanuddin sebagai berikut:
1.Lulusan Sarjana atau Diploma IV dari Perguruan Tinggi / Sekolah Tinggi Dalam Negeri yang diakreditasi oleh BAN-PT atau Universitas Asing yang diakui oleh Pendidikan Tinggi.
2.Mengikuti Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris (standar TOEFL). Jadwal seleksi bisa dilihat di laman http://pasca.unhas.ac.id/
3. Memperoleh hasil TPA minimal 450 dan hasil tes IELTS minimal 6,5 (selain hasil tes Bahasa Inggris pada saat Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana Unhas)

b. Kriteria tahun kedua (semester kedua) ditentukan oleh University of Melbourne dan Victoria University of Wellington yaitu:
1.Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia paling sedikit 3,00
Menyelesaikan semua mata kuliah yang ditetapkan oleh Program Magister Administrasi Publik pada akhir semester pertama.
2.Skor keseluruhan IELTS minimal 6,5 dengan tidak ada skor di bawah 6.0 dan minimal menulis 6.5, atau IBT TOEFL minimal 90 dengan skor menulis minimal 24.
3.Mengikuti Proses Administrasi untuk mahasiswa baru di Universitas mitra.

Beasiswa LPDP untuk Aparatur Sipil Negara
Calon mahasiswa yang berstatus ASN dapat mendaftar Program Double Degree ini dengan dukungan beasiswa LPDP.
Syarat pendaftaran Beasiswa LPDP:
– Warga Negara Indonesia (WNI)
– Pendaftar adalah ASN yang telah bekerja minimal 2 (dua) tahun. Umur maksimal pendaftar per 31 Desember di tahun bersangkutan yaitu 38 (tiga puluh lima) tahun
– Telah terlibat aktif dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi, baik di level internal instansi maupun di level nasional;
– Memperoleh izin dari instansi yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari unit yang membidangi sumber daya manusia bagi yang sedang bekerja;
– Memiliki sertifikat resmi kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org), dengan skor minimal IELTS 6,5;
– Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1);
– Tidak sedang menempuh program studi magister (on going), atau telah memiliki ijazah magister atau non degree setara magister, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri;
– Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1/D4 minimal 3,00

Informasi lebih lanjut silahkan cek di http://www.lpdp.depkeu.go.id/

Scroll Up
X