WhatsApp Image 2019-08-08 at 17.57.26

Andi Hasan Al Husain

Think Globally, Act locally. Ungkapan sederhana namun kaya makna. Jika dikaitkan dengan globalisasi, ungkapan ini memiliki pengertian orang yang berpikir global namun tidak melupakan budaya atau nilai-nilai asli, itu yang diajarkan saya selama berkuliah di FISIP UNHAS.
Alumni Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNHAS angkatan 2017 (Alumni S1 Ilmu Hubungan Internasional, 2010)

Berkuliah di Ilmu hubungan internasional FISIP UNHAS itu terlalu sempit jika cita-cita kita hanya ingin menjadi diplomat saja. ada berbagai macam ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan, bukan hanya akademik tetapi juga non-akademik. Dalam hubungan internasional Kita bisa menjadi aktor dalam hubungan internasional, dengan artian kita berhubungan dengan masyarakat global. Tahun 2012 saya bersama teman-teman paduan suara FISIP UNHAS membawa nama harum Fakultas tercinta ke kancah Internasional dengan mengikuti perlombaan paduan suara di Pattaya, Thailand. Bagaimana kita sebagai mashasiswa memperkenalkan budaya kita dan nilai-nilai yang kita miliki dalam bentuk presentasi paduan suara, dengan tidak langsung kita telah melakukan diplomasi budaya terhadap masyarakat dunia yang mengikuti perlombaan tersebut. Ilmu ini saya tidak dapatkan di dalam kelas tetapi saya mendapatkannya pada kegiatan non-akademik.

Apa yang saya dapatkan selama bangku perkuliahan sangat memiliki manfaat untuk karir saya. setelah saya menyelesaikan studi saya di S1, saya diterima di Multi National Coorporation (MNC) atau yang dikenal dengan perusahaan asing. PT. MARS Indonesia nama perusahannya, perusahan ini berasal dari Amerika yang bergerak di berbagai sektor, salah satunya adalah bidang makanan (Cokelat). Disana saya menyalurkan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah, menganalisa perkembangan perusahaan dunia dan apa yang menjadi tred bisnis makanan global saat itu. saya sangat senang dan bahagia telah menjadi bagian kecil keluarga FISIP UNHAS.

“Bersama, bersatu, Berjaya”